Blog Archive

Sabtu, 12 November 2011

4 Kelakuan Istri yang Buat Suami Stres


Pertengkaran tidak selalu disebabkan oleh masalah serius seperti perselingkuhan. Beberapa kebiasaan sehari-hari Anda, terutama ketika sedang berdebat, terkadang bisa membuat pasangan sangat stres. Seperti yang dikutip dari MSN, berikut empat hal yang biasa dilakukan istri namun kerap kali membuat suami stres.

1. Menyimpan Dendam
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science, pasangan yang mampu mengatasi dan cepat 'pulih' dari pertengkaran dilaporkan memiliki kepuasan yang tinggi pada hubungannya. Begitupun sebaliknya, ketika Anda selalu mengungkit masalah, walaupun masalah tersebut sebenarnya sudah terselesaikan, percayalah bahwa pasangan Anda tidak merasakan kebahagiaan dalam hubungan yang dijalin.

2. Memberikan Ultimatum
Bertengkar memang bukan hal yang menyenangkan, apalagi jika ditambah dengan memberikan pasangan sebuah ultimatum. Hal itu membuat dirinya benar-benar cemas dan stres. Para peneliti di Baylor University menemukan bahwa cara seseorang menerima emosi pasangannya ketika sedang berargumen, mempengaruhi apa yang ia rasakan. Terutama jika Anda mencoba 'menegaskan kekuasaan' seperti mengkeritik, menyudutkan dan mengendalikan. Memberikan ultimatum merupakan contoh bahwa Anda mencoba untuk mendominasi sebuah hubungan; 'lakukan hal ini atau saya akan meninggalkan kamu'. Perkataan seperti ini membuatnya terlihat lemah dan sangat marah.

3. Mendiamkannya
Masih menurut penelitian yang dilakukan oleh Baylor University. Para peneliti mengemukakan bahwa orang akan semakin marah jika pasangan mereka bersikap dingin dan menjauh. Mendiamkan pasangan justru malah membuat pasangan merasa terabaikan, salah satu penyebab stres.

4. Mempersoalkan Masalah Kecil Saat Si Dia Lelah
Anehnya, pria jauh lebih rentan terhadap naik dan turunnya suatu hubungan bila dibandingkan wanita, menurut penelitian dari Wake Forest Univerity. Peneliti percaya bahwa hal ini disebabkan wanita lebih mudah mengekspresikan emosi dalam dirinya --membagi cerita dengan sahabat--, sedangkan pria lebih memilih untuk menyimpan masalahnya sendiri. Jadi ketika Anda mempersolakan hal sederhana, ia lebih memilih untuk tidak mendengarkan Anda.

Daripada melakukan hal yang malah memberi beban pada pasangan, sebaiknya ikuti ini. Empat cara membuat suami bahagia

4 Cara Mudah Membuat Suami Bahagia

Pernikahan harus tetap dijaga keutuhannya agar bisa bertahan selamanya. Salah satu caranya dengan membuat suami selalu bahagia berada di samping Anda. Berikut ini empat cara mudahnya.

1. Menjaga Penampilan

Menurut eHow, hal pertama yang bisa dilakukan untuk membuat suami bahagia adalah dengan menjaga penampilan Anda. Memang terdengar klise, tapi yang perlu diketahui, pria adalah makhluk visual. Sehingga dia pasti akan selalu melihat penampilan Anda, mulai dari wajah sampai berat badan pasangannya.

Sebenarnya pria pun memahami Anda akan semakin tua, sama seperti mereka. Namun bukan berarti Anda membiarkan saja dan tidak melakukan apapun. Dengan menjaga penampilan, hal ini pun bisa membuat pria lain mungkin saja melirik Anda. Saat ada yang melakoni hal tersebut, pasangan otomatis akan menunjukkan instingnya. Si dia akan lebih protektif dan ini tentunya membuat Anda bahagia karena pasangan jadi lebih perhatian.

2. Jadilah Sahabatnya

Ingatkah saat pertama bertemu dengannya? Semua yang dia katakan menarik dan Anda pun suka bicara apapun dengannya bukan. Ketika sudah menikah cukup lama, hal ini bisa saja terlupakan dan tergeser oleh permasalahan yang ada. 

Anda jadi jarang menjadi pendengar untuknya. Padahal pasangan sebenarnya masih butuh teman bicara. Apalagi saat dia menghadapi masalah di kantor atau hal lain yang membuatnya stres.

3. Berikan Pujian

Dilansir Enzine, coba temukan apa yang Anda cintai dari pasangan dan berikan dia pujian untuk hal itu, sekarang. Kalau dia dan Anda sedang berjauhan, hubungi dia lewat telepon atau BlackBerry Messenger. Katakan apa yang ada di pikiran Anda soal kelebihannya itu.

Salah satu cara membuat suami bahagia adalah dengan membuat mereka merasa percaya diri dan betapa mereka sangat berarti untuk Anda. Tidak ada salahnya untuk mengungkapkan hal tersebut, Anda membuat surat cinta dan taruh saja di bawah bantalnya. Walaupun terdengar kuno, cara ini bisa tetap terbukti ampuh untuk memenangkan hatinya.

4. Kurangi Sikap & Perkataan Menyakitkan

Coba ingat-ingat sikap dan perkataan Anda yang mungkin kerap menyakitkannya. Kalau sudah ingat, mulai kurangi dua hal tersebut. Gantikan sikap negatif tersebut dengan hal-hal positif. Misalnya saja, dengan berusaha berkomunikasi dulu sebelum menjadikan suatu masalah sebagai perdebatan.

Saat pasangan melakukan hal yang menjengkelkan, bisa jadi Anda tidak tahan untuk mengeluarkan kata-kata pedas. Namun sekarang sebaiknya coba dipikirkan lagi. Marah-marah yang berlebihan sebenarnya juga bisa membuat Anda lelah. Buat pasangan mengerti kalau Anda sebenarnya berusaha melakukan yang terbaik untuk pernikahan ini dan tidak mau membuatnya sakit hati.
http://www.wolipop.com

0 komentar: