Blog Archive

Sabtu, 05 November 2011

Pameran Seni Rupa, Workshop, Diskusi, Pemutaran Film Hari Kartini



Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Pengelola Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri Universitas Gadjah Mada akan menggelar  Pameran Seni Rupa.
Pameran Seni Rupa bertajuk  “Kartini: The Power of Women in Art”  ini akan diselenggarakan pada 23 April hingga 2 Mei 2011 di galeri Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri Universitas Gadjah Mada.
Rilis dari panitia menjelaskan pameran ini sengaja dirancang sebagai unjuk kekuatan perempuan dalam arti sesungguhnya maupun kiasan. Pameran ini tidak menghadirkan tema tertentu tapi menghadirkan satu ide untuk menghasilkan karya seni rupa.
Ide untuk memancing pembuatan karya seni rupa tersebut adalah narasi tentang ‘aturan’. Dengan kata pancingan itu, perupa memunculkan pengandaian tentang narasi tentang aturan.
Perupa boleh membayangkan alternatif atau pilihan dalam menyikapi narasi ‘aturan’ itu sehingga perupa mampu menciptakan karya seni rupa terbaik.
Sebanyak 49 seniman akan memamerkan karya seni rupa mereka pada pameran yang dikuratori Yuswantoro Adi dan co-kurator Ade Tanesia ini.
Pameran Seni Rupa “Kartini: The Power of Women in Art” akan dibuka Sabtu (23/4) Pukul 19.30 WIB oleh Prof. Dr. dr. Yati Soenarto, Sp.Ak dan akan berlangsung hingga Senin (2/5).
Selama berlangsungnya pameran, juga akan diselenggarakan beberapa kegiatan yaitu diskusi, workshop, serta pemutaran film. Kegiatan diskusi pertama akan menampilkan tema “ Bila Dokter Melukis” (Senin, 25/4) yang menghadirkan panelist dr. Ida Laksono SpAk, dr. Ade Indriasari SpAk, dr Lisa Kurnia Sari, M.Sc. SpPD, dr. Olivia Cicilia Walewangko, M.Sc.,SpPD.
Diskusi kedua adalah diskusi dengan tema Kewirausahaan Dalam Seni (Selasa,26/4) dengan menampilkan nara sumber Restu Imansari Kusumaningrum (Penari & Produser Seni yang Melukis) , Delia Murwihartini (Perancang, Pengusaha dan Eksportir Tas yang Kolektor Lukisan), Nita Azhar (Perancang Busana yang Melukis).
Kegiatan workshop yang akan dilakukan adalah workshop Bermain Keramik bersama Endang Lestari cs, serta Seni Sulam bersama Kristi Harjoseputra yang akan dilaksanakan secara bersama-sama pada Minggu (1/5).
Film dokumenter “Perempuan Punya Cerita” (2008) karya Kalyana Shira, akan diputar pada Kamis (28/4) pukul 19.30. Selain itu juga akan diselenggarakan Pameran dan bazar batik tulis & lurik Yogyakarta oleh Paguyuban Pecinta Batik Indonesia “Sekarjagad” yang akan dimeriahkan pula oleh Galeri Gallendra Bumi Kartini Jepara, dan wayang kulit, 23 April – 2 Mei 2011.
http://jogjanews.com/2011/04/21/pameran-seni-rupa-workshop-diskusi-pemutaran-film-hari-kartini-di-pusat-kebudayaan-koesnadi-hardjosoemantri-ugm/

0 komentar: